Entri Populer

Kamis, 13 Juni 2013

Pesona Alam Kalibiru Kulonprogo

Wisata alam Kalibiru ini di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 40 km, atau hanya berjarak 10 km dari Kota Wates, Ibukota Kabupaten Kulonprogo. Untuk mencapai kesini cukup mudah, kita bisa melalui jalan Wates sampai kota Wates, dari kota Wates ikuti petunjuk jalan menuju Waduk Sermo. Ikuti jalan dipinggir waduk nanti akan ada papan petunjuk jalan kecil di kanan jalan. Papan petunjuk itu akan membawa kita melintasi jalan-jalan menanjak lalu akan sampai di gerbang wisata alam Kalibiru. Saat kemari saya berangkat dari jogja pagi hari sekitar jam 4 pagi karena ingin menikmati sunrise disini. Setelah menempuh 1 jam lebih saya sampai di kawasan ini. karena masih pagi belum ada yang menjaga loket masuk. Jika anda datang setelah jam 8 anda akan ditariki retribusi memasuki kawasan wisata ini sebesar 2000 rupiah. Jumlah yang terbilang murah untuk dapat melihat pemandangan indah. jika anda tak ingin bangun dan berangkat pagi buta untuk melihat matahari terbit, kita bisa menyewa fasilitas homestay yang ada di kawasan wisata tersebut. 

Hutan Wisata Kalibiru masuk dalam wilayah kecamatan Kokap, Kulonprogo. Untuk mengunjungi obyek wisata ini dari kota Yogyakarta, Anda harus menempuh perjalan selama sekitar 90 menit. Kalibiru cukup mudah untuk ditemukan karena jalan yang menuju kesana tidak membingungkan. Anda tinggal mengikuti jalan yang menuju ke arah kota Wates. Anda bisa melewati Jl Wates, atau Jl Godean. Kemudian, dari kota Wates, Anda tinggal mengikuti jalan yang menuju ke Waduk Sermo, dan Anda akan menemukan papan penunjuk arah ke Kalibiru. Sebaiknya Anda memakai kendaraan pribadi saja. Sebenarnya ada kendaraan umum yang menuju kesana, tapi tidak praktis karena Anda harus berganti kendaraan umum beberapa kali.

Kalibiru termasuk obyek wisata yang terkelola dengan baik. Jadi, disana, terdapat beragam fasilitas bagi para pengunjung. Di Kalibiru terdapat areal parkir yang memadai, kios-kios penjual makanan, mushola, dan kamar mandi untuk umum. Pemandangan yang indah yang dapat dilihat dari gardu pandang bukanlah satu-satunya hal yang dapat dinikmati di obyek wisata ini. Di Kalibiru, para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang menarik, seperti mencoba flying fox yang tersedia untuk anak-anak dan orang dewasa, mengunjungi perpustakaan yang memiliki koleksi buku tentang pertanian dan kehutanan yang lengkap, atau melakukan outbound. Bahkan, di obyek wisata ini terdapat sebuah ruang pertemuan berbentuk joglo. Jadi, perusahaan ataupun organisasi dapat mengadakan pertemuan disana, sembari bersantai dan menjalin keakraban diantara para anggotanya.

Tiket masuk ke Hutan Wisata Kalibiru sangat murah, hanya Rp. 2.000,- saja. Tapi tentunya, bagi mereka yang ingin melakukan flying fox, ada biaya tambahan yang harus dibayar. Biaya untuk flying fox anak-anak Rp. 5.000,- sedangkan biaya untuk orang dewasa Rp. 10.000,- . Di obyek wisata ini juga tersedia berbagai paket wisata, seperti wisata pedesaan, wisata budaya, wisata pendidikan, wisata keluarga, dan terapi alam. Para pengunjung yang ingin menginap dapat menginap di salah satu pondok wisata yang ada di Kalibiru. Disana terdapat 6 pondok wisata yang masing-masing dapat menampung antara 10-15 orang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar